Minggu, 13 Oktober 2013

CATATAN AKHIR PPL


        Oke, jadi selama 3 bulan ke belakang, status kemahasiswaanku, oke bukan aku aja sih, tapi hampir semua mahasiswa semester 7 dicopot sama Pak Rektor IKIP PGRI Semarang, tau namanya kan? Tau dong, masa mesti aku tulis. Dan status itu diganti sama yang namanya Praktikan PPL. Gak tau PPL? Go search google gih.
Jadi ceritanya 3 bulan belakangan aku dan temen-temen yang dikumpulin dari tujuh progdi, gak tau progdi? Kuliah dulu sana gih. Iya Program Studi, kami dikumpulin jadi satu dalam suatu wadah, bukan wadah tempatnya, tapi dalam satu sekolah dimana nantinya kami akan belajar mengajar disana. Belajar mengajar? Emang ada? Ada dong, baca tulis aja mesti belajar, apalagi mengajar, mesti tambah kenceng belajarnya.
Akhirnya kami berduapuluh enam ditempatin di SMA Negeri 1 Jepara, yang katanya the First and the Best. Emang iya? Iya dong. Sebagai salah satu alumni, dengan terpaksa ikhlas akhirnya aku dipilih secara demokrasi untuk memimpin rezim yang baru di SMA Negeri 1 Jepara. ikhlas? Dikit sih, Capek? Banget malahan. Ya gitu deh yang namanya berorganisisasi, mimpin duapuluh lima kepala itu lebih susah daripada mimpin satu negara, nggak itu kebalik. Yang pasti mimpin duapuluh lima kepala itu gak susah gampang. Iya susah, banget malahan. Karena  tiap orang punya karakter, sikap, sifat dan tentu aja wajah yang berbeda. Emang beneran susah ndri? Gak percaya, coba aja dulu deh.

Tapi seiring berjalannya waktu #sokpuitis, kita bisa jadi keluarga yang menyenangkan, iya emang menyenangkan walopun kadang juga ada yang gak enak. Tapi percayalah, yang namanya kesenangan bener-bener bakal lebih terasa abis adanya kesusahan.
And now I want to describe all of you my new family. Urutan di sini bukan berdasarkan kegantengan apalagi kecantikan, karena tetep yang nulis itu yang paling keren, #alahsoklagi.
1.       M. Zaenul Ihsan.
Pertama tau namanya, aku kirain sih M itu kependekan dari Muhammad, tapi ternyata salah, M itu Menggombal, bukan nding. M itu Muchlis, iya pake ‘ch’, jadi kalo nyebutin namanya Pak Muchlis harus agak mendesah gitu. Tapi kalo menggombal itu emang bener, dia paling suka nggombal, dan yang jadi sasarannya itu Bu Luth sama Bu Khol. Pak Muchlis ini yang rumahnya paling pelosok, patut dipertanyakan apakah disana udah ada indomaret apa belum. Oiya tambahan, Pak Muchlis ini yang biasanya berangkat paling pagi, soalnya dia yang bawa kunci TRRC.

2.       Beti Riawati.
Dan ternyata aku baru sadar kalo ada 2 “Wati” di TRRC. Iya beneran, karena aku taunya Cuma 1 Wati di TRRC. Bu Beti ini salah satu kandidat Guru Galak setelah Pak Yahya. Emang beneran galak? Ya gaktau juga deh, dari wajahnya sih keliatan galak #peace. Bu Beti ini biasanya yang suka gangguin kalo temen-temen pada foto, ya maklum sih kalo foto gak pernah diajak, gak nding. Oiya Bu Beti ini semasa PPL motornya baru dari awal masuk sampe penarikan motornya belum ada platnya. Ada nding, tapi kerdus, mbok ya ndang dikasih plat asli to bu bu.

3.       Fico Oktapriyanto.
Panggil saja “mawar”, gak nding, Pak Fiko atau Pak Fico, iya emang masih ada perdebatan sampai sekarang apakah ‘C’ di fiCo itu dibaca C atau K. Berhubung Pak Fico ini pernah sekos sama saya waktu jaman semester 1, jadi kurang lebih saya udah tau gimana sifatnya, gimana perutnya yang kuat nampung mie ayam 2 mangkok. Pak Fico itu salah satu gamers dan animers di TRRC. Kerjaanya Cuma nonton bokep anime di TRRC. Tapi aku juga sering sih ngopi bokep animenya. Udah gitu aja? Iyadong, ngapain panjang-panjang.

4.       Anisa Angelia.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Anisa. Bu Anisa orangnya gimana ya? Bu Anisa itu orangnya pendiem banget, yang paling diem dari kami berduapuluhenam. Tapi Bu Anisa orangnya baik kok, tiap berangkat pasti bawa kripik satu toples dan naasnya waktu pulang udah amblas, karena dimakan sama Pak Niam, Pak Ivan, Pak Sony dkk. Dkk? Iya aku ikut makan. Sory ya bu udah menghabiskan kripikmu itu. Oiya bu, pesen saya lebih banyak ngomong ya, kami nggak nggigit kok.

5.       Amirul Azis.
Pak Irul ini tertinggi kedua anunya, eh badannya setelah Pak Ivan Zakaria. Posisi : Kiper. Pak Irul ini dari jurusan matematika, aku dulu sering lihat sih, tapi belum kenal aja. Kenalnya baru di sini. Pak Irul itu wakil saya, kalo diajak kemana-mana pasti ikut, kalo dimintain tolong apa pasti mbantuin. Kalo saya jadi cwek pasti saya pacarin #lhoh. Pak Irul jadilah orang yang tetep baik hati, suka menolong sesama, membela kebajikan dan memberantas kejahatan.

6.       Siti Nafiatun
Atau yang lebih dikenal dengan ‘Cie Nafi'pecex Superjutex’ atau bu jutek. Emang jutek beneran ndri? Ya kadang si hehe. Oiya bu Nafi’ ini dulu satu SD sama aku waktu jamannya aku masih unyu-unyu. Bu Nafi’ dan gerombolannya anak biologi udah mencemari ruang TRRC sama virus-virus. Virus apaan? Virus cinta? Bisa jadi sih, gak nding. Tapi replika virus dari murid-muridnya. Oiya Bu Nafi’ nama fesbuknya kalo diganti kayaknya lebih inakk itu bu.

7.       Ermi Erviana.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Ermi oleh anak-anak PPL, atau Bu Vina oleh anak-anak SMA. Bu Ermi aja ya mending, Bu Ermi ini satu-satunya diantara kami yang udah tau bagaimana nikmatnya indahnya mahligai pernikahan. Iya, Bu Ermi udah nikah dan udah punya anak, mau tau namanya? Mau dong. Anaknya ntar di bawahnya persis. Bu Ermi ini karena udah ibu-ibu ya sifatnya keibuan, nggak neko-neko, sabar banget dan selalu mengayomi kita, oiya Bu Ermi ini punya rumah di Karimunjawa, jadi ntar kalo mau ke Karimunjawa digratisin sama Bu Ermi #lho.

8.       Siti Mualifah.
Bentar-bentar, harusnya ini jatah buat anaknya Bu Ermi, berarti bawahnya Bu Mualifah atau yang lebih dikenal dengan Bu Malifa. Bu Malifa ini juga lumayan pendiem, tapi nggak pake bingit. Bu Malifa ini satu jadwal piket sama aku, tapi datengnya sering telat -_-, tapi gakpapa deh, kalo pulang mesti bantuin bersih-bersih kok. Sayangnya Bu Malifa ini harus jatuh kedalam jeratan gombalannya Pak Ivan, harusnya saya yang nggombalin #lhomalah, nggak nding.

9.       Jihan Haqqi Rais.
Nah akhirnya sampe juga ke anaknya Bu Ermi, namanya Jihan. Emang anaknya beneran? Ya nggak dong, masa’ aku jujur? Iya, namanya anaknya Bu Ermi emang namanya Jihan, tapi Jihan yang ini beda, aku sama Pak Niam sering manggilnya Pak Ji. Dan setelah melalui survey seantero SMA Negeri 1 Jepara. emang banyak banget yang namanya Jihan, berarti nama Jihan itu udah gak antik lagi buat dipake, peace. Pak jihan ini orangnya juga penyabar, kadang diem kadang ngomong, kadang berdiri kadang duduk, oh semuanya nding. Dan beberapa yang bisa kita inget adalah waktu kita maen tebak-tebakan dan Pak Jihan ngeluarin joke ‘Trio Macannya’. We won’t forget about it dude. Udah ah, ntar kebanyakan malahan bahas Pak Jihannya.

10.   Ni’am Kurniawan.
Atau biasa disebut dengan Pak Ni’am. Iya, pake qalqalah kalo nyebut namanya Pak Ni’am. Pak niam ituuuu ricuh, semrawut, suka ngejoke tapi seringnya garing. Tapi tanpa Pak Niam ruang TRRC bakal kerasa sepi karena gak ada yang bikin ricuh, emang orang-orang macam ini bikin semrawut hidup tapi kalo gak ada ya gak rame. Tapi kalo Pak Ni’am udah dikasi laptop sama modem buat fesbukan, niscaya dia akan diam, kaya kucing garong kalo dikasi ikan asin.

11.   Ivan Zakaria.
Atau lebih dikenal dengan nama Pak Ivan, ingat jangan nyebut nama belakangnya dipotong-potong. U know what I mean? Pak Ivan ini juga temen seperjuangan di PPL karena emang satu jurusan. Pak Ivan ini juga sekomplotan sama Pak Muchlis, ingat pake ‘ch’ dan mendesah, dalam hal menggombalin para kaum hawa. Oiya, Pak Ivan ini manusia tertinggi di TRRC setelah saya (kalo saya naik meja). Satu lagi, dimana ada kasur, kursi, lantai disitu Pak Ivan akan tidur, iya emang manusia satu ini hobi banget tidur di TRRC.

12.   Dwi Lestari ‘JTC’
Bentar, JTC itu apaan sih? Jalan Tol Cemarang? Bukan, tapi menurut penelusuran saya JTC itu Jeng Tari Cute, iya mungkin, karena waktu jaman masih dijajah oleh bangsa Alay, Bu Tari ini juga terkena dampak radiasinya. Banyak yang bisa diingat dari bu Tari, mulai dari tagline ‘luekkkkkk’, dan itu harus panjang dan teriak-teriak biar lebih afdol. Kata Pak Niam dan Pak Jihan, Bu Tari ini kalo pake training kaya instruktur senam, trus kalo pake Jilbab itu ‘mbulet-mbulet’. Oiya lupa, makasih ya Bu buat kadonya kemarin J

13.   Iva Nurdiyanti.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Iva. Bu Iva ini ceesnya Bu Tari, kalo kemana-mana bareng. Dulu kita pernah maen ke rumahnya buat bakar-bakaran rumah ikan, karena rumahnya itu di Pantai Kartini, jadi Bu Iva ini kalo mandi itu langsung nyebur laut di depannya. Bu Iva ini kalo lagi rapat sering banget minta pulang, “Pak ayo tah pulang Pak”, dan itu sering banget -___-. Oiya makasih banget buat kolornya yang telah mengkolorkan hatiku :D

14.   Nur Fajriyah S.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Nungky. Kok bisa jadi Bu Nungky? Meneketehek. Bu Nungky ini juga pendiem, tapi lagi-lagi nggak pake bingit. Bu Nungky ini juga temen SMA saya, satu kelas lagi waktu kelas XII. Tapi ya gitu, tetep aja pendiem. Bu Nungky ini sering bantuin kita buat ngomong ke jajaran pejabat SMA, karena bu Nungky punya saudara di SMA. Oiya Bu, kapan-kapan saya minta diberi bimbingan gratis yaa hhe.

15.   Noor Yahya
Atau yang lebih dikenal dengan pak Yahya atau sangat dikenal dengan ‘Mbah Karomah’. Pak Yahya ini manusia terbesar dan terberat di TRRC, gak percaya? Coba gih angkat sana. Pak Yahya ini orangnya agak bijaksana, agak mengayomi dan agak bisa diandalkan. Oiya, Pak Yahya ini juga anggota Karang Taruna, dan dia sering mangkal di Pasar Jepara. Kerjaannya di TRRC kalo gak ngegames ya ngegames, lho. Iya, Pak Yahya ini udah kecanduan games setelah ditularin sama Pak Fico. Pesan dari saya : ojo galak-galak pak nek ngajar.

16.   Sony Arifin.
Atau yang lebih dikenal dengan Pak Sony. Pak Sony itu badannya kecil sama kaya saya, tapi tinggian saya dikit, dikittttttttttttt banget. Pak sony itu sukanya bilang, “iyaaa, saya tauuu” dan seterusnya sampe kita itu udah apal. Kalo kata temen-temen Pak Sony ini cocoknya sama Bu Di*ta, mau lihat buktinya? Gak nding, bercanda doang. Pak Sony ini soulmatenya Pak Yahya, kalo kemana-mana ya bareng, berangkat bareng, pulang bareng, ke WC bareng, ngeprint surat undangan trus mampir Es buah bareng, ya pokoknya bareng-bareng deh.

17.   Renny Puspitasari.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Reny. Oiya saya lupa kalo Bu Reny ini juga masuk jajaran kelas berat, kayaknya Bu Reny bisa ngalahin Pak Yahya. Bu Reny itu gimana yaaaa, slengekan, ceplas ceplos, iya emang. Tapi gakpapa kok malah bagus, mending ngomong daripada diem, iya gak Bu? Bu Reny ini seksi dokumentasi tapi seringnya kalo bawa kamera ya batrenya abis, kalo gak ya kameranya nggak dibawa -__-. Thanks Bu Reny udah pontang panting ngurusin miniatur kita dan sering motion kita, laen kali kita poto-poto lagi Bu.

18.   Helmiyatus S.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Memi. Bu Memi ini seksi apa yaaa saya lupa. Tapi yang pasti Bu Memi ini udah sering bantuin kita, dia juga yang udah buat struktur organisasi sama mengkoordinir kita saat awal PPL. Kalo nggak ada Bu Memi mau jadi apa PPL kita. Bu Memi ini orangnya kalem, santai, apalagi yaaaa. Oiya, Bu Memi ini yang jadi admin fesbuk PPL Smansara, tetep diurusin ya Bu fesbuknya hhe.

19.   Nailal Muna.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Muna, atau ada yang manggil Bu Banat dari siswa-siswa. Bu Muna ini bendahara kita, dia sempet mumet karena dulu waktu mau tutup buku ada uang yang kelebihan, padahal kalo lebih kita malah seneng yah he. Oiya Bu Muna ini juga Penggemar MU, bukan Madura United atau Mlonggo United tetapi Manchester United seperti saya dan Pak Muchlis, inget pake ‘ch’ dan mendesah. Saya mau ngucapin terima kasih banget buat Bu Muna, tanpa Bu Muna kami tak tau kemana harus berjalan #alah. Iya, Bu Muna emang udah banyak banget membantu kita kok J

20.   Marita Awalia N.A
Atau yang lebih dikenal dengan nama Bu Marita. Bu Marita ini juga masuk dalam jajaran kelas berat, tapi nggak berat banget, kalo disandingin sama Bu Reny ya kalah telak. Bu Marita ini kalo naek motor sering banget nyalip saya karena emang saya yang naiknya uthuk-uthuk kalo ndak ya emang Bu Marita naiknya kenceng. Dulu pernah kejadian fotonya Bu Marita berdua sama Pak Yahya diupload dan kemudian jreng jreng jreng pacarnya pak Yahya mengamuk sampe pengen makan Bu Marita, gak nding itu lebay.

21.   Lutfiyatur Rohmaniyah.
Atau yang lebih dikenal dengan nama Bu Luth. Bu Luth ini kalo disandingin sama Bu Marita mirip-mirip nggak mirip. Dulu aja saya kadang masih bingung buat mbedain mana Bu Luth mana Bu Marita. Bu Luth ini korban penggombalannya Pak Muchlis. Ya gitu deh, Pak Muchlis emang hobinya menggombal dan mempermainkan hati wanita, gak nding hhe. Oiya makasih ya Bu buat tempat pensilnya kemarin (sorry Bu saya lupa kado dari kamu itu yang mana, kayaknya sih emang tempat pensil bolpoint itu yaa hhe).

22.     Noor Kholifah.
Atau yang lebih dikenal dengan nama Bu Khol. Bu Khol ini orangnya alusan, iya emang kalo ngomong itu alus. Kalo naek motor juga alus banget alias uthuk-uthuk hhe. Bu Khol ini juga korban penggombalan dari Pak Muchlis sama Pak Ivan. Entah Bu Khol mau pilih yang mana hhe. Oiya makasih banget buy a buat gelas minumnya. Ketika saya dahaga, saya pasti bakal inget Bu Kholif kok hhe.

23.     Eka Ayu Wulandari.
Atau yang lebih dikenal dengan Bu Eka atau Bu Wulan. Bu Eka ini orangnya juga kalem, baik banget, sering nolongin saya apalagi waktu dulu saya bingung bedain poster, banner dan antek-anteknya. Bu Eka ini juga yang ngelatih saya di MM biar bisa lancar sambutannya walaupun hasilnya saya kurang lancar hhe. Iya, saya banyak banget hutang budi sama Bu Eka, udah banyak banget ngebantuin kita, dan gak lupa saya mau ngucapin maksih banget buat jam wekernya yang bakal ngingetin saya biar gak telat kuliah ntar di Semarang J

24.   Nera Hidayati.
Kalo liat Bu Nera pasti gak bakal percaya kalo dia itu anggota Menwa. Tau Menwa? Menteri Wanita? BUkannnnn. Menwa itu ya kaya aparat kampus gitu, yang berbadan sangar dan berwajah gahar. Tapi Alhamdulillah Bu Nera nggak kaya itu, Bu Nera ini baik hati banget, perhatian sama temennya tapi ya itu doyan tidur, dan saya punya banyak foto aib bu Nera waktu tidur haha (ketawa jahat). Oiya, Bu nera ini juragan jilbab, jadi kalo mau beli jilbab dan aksesoris bisa sms 0809899999, gak nding, nomor ngaco itu. Sampe lupa, makasih juga Bu buat kado tempat pensil ato keranjang itu saya bingung nyebutnya hhe, untung saya gak dikasi jilbab hhe.

25.   Andita Rismawati.
Buat penutup emang saya khusus biar Bu Dita atau Bu Wa*ti hhe. Bu Dita ini emang yang paling cerewet diantara kami berduapuluh enam. Iya paling cerewet, dia sering banget ngasih tau kami kalo kami ini harus ini, kalo kami ini harus itu. Kalo lagi rapat, dia mesti bilang, “temen-temen tolong didengerin yaaaa”, tentu aja pake logat khasnya dia. Oiya Bu Dita ini juga yang udah buatin saya sambutan, makasih Bu yaaa, tanpamu aku akan plegak-pleguk hhe. Saya juga mau bilang makasih buat centhongnya bu, kalo saya ngambil nasi saya pasti inget Bu Dita hhe.

Dan merekalah yang udah jadi keluargaku selama 3 bulan terakhir ini, dan mereka akan tetap jaadi keluargaku nantinya karena keluarga tetaplah keluarga gak akan berubah. Banyak kenangan yang saya dapet bareng kalian, mulai nyanyi bareng di Pensi Pramuka ‘Tentang Kita’, jalan sehat bareng, nonton Vierratale barenng, bakar ikan bareng walopun yang bakar Cuma saya Pak Niam Pak Jihan sama Pak Ivan.Dan tentu aja yang terakhir yaitu kemaren gak bakal saya lupain seumur hidup ngrayain ultah saya bareng-bareng makasih banget. Guys, don’t forget me and I’ll never forget all of you. You’ll be the part of my life.
I LOVE PPL SMA NEGERI 1 JEPARA 2013




0 komentar:

Posting Komentar

 
 
Copyright © Androsive
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com